Islam dan Globalisasi
Islam adalah sesuatau yang tak dapat dipisahkn dari kehidupan kita termasuk dari globalisasi, sebelum membahas mengenai hubungan islam dan globalisasi kita perlu menegetahui pengertian dari islm dan Globalisasi itu sendiri.


Pengertian Islam

Menurut bahasa islam berasal dari kata ‘aslama’ yang berarti tunduk, patuh berserah diri dan keselamatan, sedangkan menurut istilh islam adalah agama yang di bawa sejak nabi adam dan diwahyukan oleh Allah kepadaSWT nabi muhamad SAW. Yang berisi aturan aturan yang mengatur hubungan manusia dengan tuhannya, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam. Dan agama islam merupakan agama penyempurna dri agama-agama sebelumnya. (Toto suryana 1996 )

Pengertian Globalisasi
Kata globalisasi berasal dari kata global yang artinya menyeluruh, globalisasi belum memiliki makna yang mapan, kecuali sekedar depinisi kerja, ( working definition )
, sehingga tergantung dari mana seseorang memandangnya, adayang memendangnya sebagai suatu proses social, atau proses sejrah atau proses alamiah yang akan membawa seluruh umat manusia didunia makin terikat setu sama lain, yang mewujudkan suatu tatanan kehidupan social yang menyingkirkan segala perbedaan.


Hubungan Islam dan Globalisasi
Dari penomena globalisasi yangterjadi hal-hal umum yang mengglobal adalah Seni budaya, Ilmu pengetahuan,ekonomi, teknologi, dan agama, dari hal-hal yang mengglobal tersebut selalu terdapat permasalah, permasalahan tersebut selalu muncul yang menjadi permaslahan social, dimana permasalahan tersebut sealau menjdi hal yang tabu, seperti masuknya budaya barat yang masuk kedalam masyarakat timur, dimana budaya barat tersebut selalu dianggap hal yang wajar oleh masyarakat timur walaupun bertolak belakang, globalisasi selalu dikendalikan oleh yang terkuat, seperti kebudayan barat yang kuat dapat dengan mudah mengglobal di dalam masyarakat dunia, selain buadaya, globalisasi seni, pendidikan, teknologi, dalam proses perjalanan globalisasinya selalu diken dalikan oleh yang terkuat. Banyak system pendidikan, teknologi dan system perokonomian yang di adopsi dari barat, karena memang itulah yang di anggap kuat,
Dan itupun tak menutup kemungkinan kebudayaan timur yang menyebar di masyarakat barat dikarenakan mereka menganggap hal tersebut merupakan hal yang baik.
Dari proses globalisasi itulah banyak menimbulkan dampak positip dan negatip, dampak positip akan menjadi sebuah proses kemajuan dan kebaikan bagi umat manusia, seperti menyebarnya ilmupengetahuan, teknologi dan system-sistem kehidupan yang mudah di dapat oleh masyarakat. sebalikanya dampak negatip dari globalisasi adalah mudah meluasnya dan menyebarnya paham paham yang buruk yang dianggap tak sesuai dengan budaya timur atau tak sesuai dengan agama Islam.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: